Introducing: PABRIK JAGOAN



Salam kenal. Nama saya adalah Ruly Riantrisnanto, seorang pekerja media yang memiliki hasrat besar untuk menjadi seorang kreator. Tentunya saya menulis blog ini bukan tanpa alasan.

Fenomena film superhero menjadi motivasi saya untuk menjadi seorang kreator. Ditambah, sejak kecil saya memang sudah menyukai kisah-kisah fiksi laga dari media cetak, televisi, film, maupun video gim seperti Batman, Spider-Man, Dragon Ball, Kamen Rider, Street Fighter, sampai karya anak bangsa seperti Gundala dan Wiro Sableng.

Melihat maraknya perkembangan film superhero di Hollywood dan seluruh dunia pada era saat ini (dekade kedua abad 21), kreator, komikus, dan sineas Indonesia pun mulai bergairah untuk mengangkat tema serupa ke ranah publik.

Kita lihat saja perkembangan sinema dengan munculnya tiga raksasa besar, yakni Skylar Comics, Bumilangit, dan Satria Dewa. Terbaru, saya menonton Valentine dan Gundala.

Namun di mata saya sebagai seorang pengamat, penikmat, sekaligus terkadang kritikus di media, saya pribadi justru sedikit gelisah dengan jarangnya kreator, komikus, atau sineas yang mengangkat budaya etnik dan tradisi seluruh provinsi di Indonesia.

Saya melihat, cerita-cerita fiksi ini masih berkutat di seputar Jakarta atau Jawa. Nah, melihat hal ini, tentu saja jiwa kreator saya langsung bergejolak.

Bersamaan dengan itu, sejumlah ilham yang saya dapat sejak 2011, pasca-diumumkannya franchise Marvel Cinematic Universe dan film The Avengers di Hollywood, semakin banyak berdatangan di dalam kepala saya.

Saya pun mendapatkan ide untuk memasukkan unsur budaya di setiap provinsi pada karya saya. Bahkan saya juga tak ragu untuk memberi identitas suku, ras, dan agama pada setiap karakter.

Pada tahap awal, saya membuat akun Instagram @pabrikjagoan yang merupakan tumpahan dari ide-ide yang terus bermunculan di kepala saya.

Bahkan, saya juga membuat akun podcast Pabrik Jagoan yang mengekspansi cerita-cerita yang saya buat di Instagram.

Saat ini, saya tengah berfokus dengan sejumlah karya yang nantinya akan menjadi main story dari kisah-kisah di Instagram maupun podcast Pabrik Jagoan yang dikompilasikan dengan nama JATI PROJECT.

Tentunya, komik menjadi media awalnya yang nantinya diharapkan bisa merambah ke layar lebar untuk menambah perbendaharaan waralaba sekaligus bisa menjadi raksasa baru di ranah cerita fiksi asli Indonesia.

Visi dan misi saya adalah agar suatu hari waralaba ini bisa bersaing dengan pasar Marvel dan DC di masa depan. Serta bisa bahu membahu bersama Bumilangit, Skylar, dan Satria Dewa untuk memajukan industri ini hingga ke seluruh dunia.

Sehingga membuktikan bahwa Indonesia tak hanya bisa menjadi pasar, namun juga bisa menjadi invasi baru di dunia hiburan berskala global.

Misinya tentu saja agar para generasi baru nanti bisa semakin cinta dengan budaya Tanah Air di semua provinsi. Sehingga mereka kelak bisa menjadi duta budaya Indonesia. Agar nantinya, akan ada lebih banyak warga mancanegara yang memiliki minat besar untuk mempelajari, melestarikan, sekaligus mempopulerkan budaya lokal Indonesia yang sangat kaya dan melimpah ini. Sehingga ekonomi rakyatnya pun akan semakin makmur.

Besar harapan saya agar suatu saat bisa menemukan tim yang tepat untuk memajukan waralaba ini. Untuk itu bagi Anda yang membaca artikel blog ini, mohon doanya agar visi dan misi saya bisa tercapai dan saya bisa melalui segala macam prosesnya dengan lancar. Semoga Anda diberikan kesehatan, kemakmuran, dan kebahagiaan selalu. Aamiin.

Ke depannya, untuk membedakan nama asli saya yang sudah muncul di Google karena banyaknya artikel di media tempat saya bekerja, saya akan menggunakan "nama pena" RIANTRI.

Salam hangat,

Riantri (Ruly Riantrisnanto)

Komentar